Pencarian

Loading

Wednesday, February 23, 2011

Mencoba Cara Membuat Tofu/Tahu Sendiri

Tahu adalah makanan yang dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dan diambil sarinya. Tahu dikenal sebagai makanan rakyat. Beraneka ragam jenis tahu yang ada di buat di seluruh dunia. Bagi yang tinggal di Indonesia, silahkan mencoba membuat tahu sendiri, tahu yang sehat dan bebas dari preservative (bahan pengawet) yang merugikan. Namanya juga belajar, gagal sekali mah biasa.. so jangan putus asa..ya...

BAHAN :

Kacang kedelai (sesuai kebutuhan saja) misalnya 5 kg kedelai
Vinegar (cuka) warna putih / 1 gram batu tahu (Kalsium Sulfat atau CaSO4) / 3 ml asam cuka
Kain Belacu (kain bekas karung tepung)
air secukupnya

Alat-alat bantu yang bisa juga digunakan:

Ember besar
Tampah (nyiru)
Kain Saring atau kain blancu
Kain pengaduk
Cetakan
Keranjang
Rak bambu
Tungku atau kompor
Alat penghancur (alu)

Langkah Membuat:

Bersihkan kedelai, buang yg sudah layu/kisut atau tdk bagus lagi, kalau bisa pilihlah yg bijinya besar.


Cuci bersih kedelai lalu rendam dalam air banyak (sampai kedelai tenggelam) selama kurleb 8 jam (paling sedikit 3 liter air untuk 1 kg kedelai). Kedelai akan mengembang jika direndam.


Cuci berkali-kali kedelai yang telah direndam selama kurleb setengah jam. Apabila kurang bersih maka tahu yang dihasilkan akan cepat menjadi asam.


Tumbuk kedelai dan tambahkan air hangat sedikit demi sedikit hingga berbentuk bubur atau bagi-bagi kedelai (jika menggunakan blender sesuai dgn kapasitas blender or juicer) dan letakkan didalam wadah bamboo atau plastic. Kedelai ditumbuk/digiling sampai halus (boleh menggunakan blender biasa) tapi kalau ada juicer lbh baik lagi kedelai digiling halus dan air ditampung. Kalau memakai blender biasa, setelah diblender bisa langsung direbus tanpa perlu memisahkan air dan ampas.


Masak bubur kedelai, jangan sampai mengental pada suhu 70 ~ 80C (ditandai dengan adanya gelembung-gelembung kecil) atau ampas kedelai langsung direbus selama 15-20 menit dalam wajan yg cukup besar. Jgn terlalu lama membiarkan ampas tahu, begitu penggilingan selesai segera rebus ampas tahu untuk mendapatkan hasil tahu yg bagus (tdk keras).


Saring bubur kedelai dan endapkan airnya dengan menggunakan batu tahu sebanyak 1 gram atau 3 ml asam cuka untuk 1 liter sari kedelai, sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan-lahan atau...

Adonan ampas kedelai yg sudah direbus tadi langsung dituang kedalam kain belacu (yg sudah disiapkan sebelumnya diatas wadah besar dari clay atau plastic dan diikat kuat agar saat menuang adonan rebusan kain tdk jatuh kedalam wadah dan kain juga harus kuat menahan berat adonan). Atau boleh juga kain belacu tsb di-paste-kan kedalam saringan bamboo. Aduk2/goyang2 adonan terus menerus hingga sari kedelai jatuh ke bawah dan adonan tadi cukup kering. Lalu peras ampas kedelai dgn menggunakan air panas, lakukan berulang ulang hingga tidak ada sari lagi yg tersisa diampas kedelai. 

Air saringan yg tertampung (biasanya warna kuning atau putih) lalu dicampur dgn asam cuka agar menggumpal, aduk sampai rata (asam cuka bisa digantikan dgn air kelapa atau sulfat kapur). Air asam dipisahkan dari gumpalan2.

Gumpalan2 tahu yg mulai mengendap dituangkan dalam kotak berukuran 30x20 cm2 dan dialasi kain belacu. Adonan tahu kotak dikempa selama bbrp saat agar air yg masih tercampur dalam adonan tadi habis. Bila adonan itu sudah padat (yg disebut tahu), sudah dpt dipotong2 dan simpan dikulkas, dan siap diolah setiap saat.

No comments:

Post a Comment