Pencarian

Loading

Saturday, January 8, 2011

Beberapa Macam Cara Membuat Telur Asin

Suatu hari ketika sedang blog walking, saya menemukan beberapa artikel menarik yang mungkin juga dapat bermanfaat untuk anda. Bagi anda yang suka mengkonsumsi telur khususnya telur asin (termasuk saya), ada resep dan tips untuk membuat telur asin made in tangan Anda sendiri. Resep dan tips ini boleh dan bisa anda coba karena beberapa blogger kita juga pernah mencobanya bahkan dengan menggunakan telur ayam biasa.

Cara Pembuatan Telur Asin Dengan Cara Lama/Tradisional


Telur asin yang dikehendaki konsumen umumnya adalah yang rasa asinnya sedang (relatif), tidak berbau anyir dan akan sangat menarik apabila kuning telurnya berwarna kuning tua dan sedikit berminyak. Untuk membuatnya, mudah saja.

Beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat telur asin sebanyak 100 butir misalnya, hanya diperlukan 1 ember abu gosok, 1 ember tumbukan bata merah, 2 kg garam dapur dan 5 siung bawang putih (untuk menghilangkan bau anyir).

Cara Pembuatan:

1. Telur itik yang masih segar (baru) dicuci bersih dengan sabun colek. Digosok-gosok dengan menggunakan sabut kelapa.
2. Dibilas dengan air bersih dan ditiriskan. Kemudian dibilas lagi sampai bau sabunnya hilang sama sekali. Ditiriskan dan dijemur sampai kulit telurnya kering.
3. Untuk adonan, abu gosok dicampur tumbukan bata merah dan garam dapur. Diberi air secukupnya, diaduk-aduk sehingga adonan menjadimudah dibentuk. Bawang putih digerus harus dan dicampurkan pada adonan.
4. Telur segar yang sudah bersih dan kering kulitnya dibalut dengan adonan satu persatu. Disusun rapih pada ember plastik. Disimpan pada tempat yang lembab selama 10 – 15 hari. Lama penyimpanan sangat berpengaruh terhadap rasa telur asin, makin lama disimpan makin asin.
5. Setelah mencapai waktu yang ditetapkan, 0 hari misalnya. Maka balutan adonan dilepaskan, dicuci bersih dan ditiriskan.
6. Kemudian direbus menggunakan panci terbuka (tidak ditutup) dengan api tidak terlalu besar. Perebusan yang baik umumnya kurang-lebih selama 4 jam.
7. Telur yang sudah matang, diangkat dan ditiriskan. Maka telur asin tanpa bau anyir siap dihidangkan.

Cara Membuat Telur Asin ala Tupperware

Ada yang mengherankan dari beberapa artikel yang saya temukan, yaitu tempat yang di gunakan untuk membuat telur asin itu adalah Tupperware.

(Tupperware adalah merek yang sudah terkenal di dunia dan mendapat tempat “terhormat” sebagai perlengkapan rumah tangga berkualitas tinggi).

Mereka memberikan informasi kalau membuat telur asin dengan menggunakan batu bata yg dihancurkan kemudian dicampur dg garam dan dibalutkan ke telur, Itu terlalu “Ribet”.

Resep asli untuk membuat telur asin ini ditulis oleh Arum Wijayanti – Semarang seperti berikut ini:

Bahan:

10 butir telor bebek mentah, cuci bersih dari kotoran yg menempel dikulitnya (beberapa blogger kita bahkan mencoba menggunakan telur ayam).
1 liter/1000 ml air untuk merendam
12 sdm garam dapur (munjung alias penuh yaa...)
1 buah tupperware single deco

Cara Membuat:

1. Bersihkan telur bebek dengan di gosok / disikat hingga bersih pilih telur yang betul-betul bagus.
2. Siapkan wadahtupperware yg sudah dicuci bersih dan di lap bagian dalamnya, untuk menyimpan/memeram telur bebek. (Beberapa blogger kita menggunakan Tupperware dengan type yang mereka punya yang ruangnya cukup untuk merendam telur)
3. Tuangkan air kedalam wadah single deco lalu masukan garam dan aduk rata, sehingga menjadi larutan air garam.
4. Masukan telou bebek yang sudah bersih kedalam larutan tersebut.
5. Tutup dengan rapat wadah, lalu simpan ditempat yang kering.
6. Untuk telor dengan kadar keasinan rendah disimpan 1 minggu saja, untuk keasingan sedang disimpan selama 2 minggu dan bila ingin sampai “Masir” ( kuning telor sampai keluar minyaknya ) disimpan sampai 3 minggu/1 bulan. Selanjutnya telur bisa direbus atau di buat masakan lain.

Pernah Mendengar Telur Asin Rasa Seafood, Rasa Buah, Rasa Bawang Dll?

Produk telur asin bisa dikembangkan dalam berbagai macam aroma dan rasa.
Cara pembuatannya cukup mudah. Ada 3 tahap yang harus dilakukan untuk membuat telur asin aneka rasa yaitu pembersihan, pengasinan, dan pembakaran dengan oven.

1. Tahap awal telur bebek atau itik dibersihkan dengan jalan mencuci atau dilap dengan air hangat, keringkan, lalu amplas seluruh permukaan telur agar pori-porinya terbuka sehingga rasa yang diinginkan mudah meresap.
2. Tahap selanjutnya adalah pengasinan. Telur yang sudah bersih lalu diasinkan dengan cara direndam dalam larutan serbuk batu bata halus atau abu gosok lalu disimpan di dalam tempat tertutup selama 1 – 2 minggu. Selain ditambah garam, serbuk batu bata atau abu gosok juga ditambah bumbu seafood atau bawang yang telah dihaluskan, atau jus buah.
3. Langkah selanjutnya adalah telur asin dibakar dan dipanaskan dalam oven sekitar 2 jam untuk mematangkan dan mengurangi rasa asin yang berlebihan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Untuk Anda yang ingin melihat hal menarik apa saja yang bisa ditawarkan dengan peluang usaha telur asin. Bisa Melirik Peluang Usaha Telur Asin dengan Tips-tipsnya

7 comments:

  1. tq atas infonya mba..nambah wawasan banget nih..:)

    ReplyDelete
  2. keren tips cara membuat telur asin nya, semoga hasilnya juga nanti menjadi telur asin yang lezat dan bergizi :)

    ReplyDelete
  3. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    ReplyDelete
  4. Baru tau tuh buat telur asin tanpa serbuk abu gosok kayak jadi praktis ya gan, thanks info menariknya

    ReplyDelete
  5. Halo, tipsnya lengkap dan bermanfaat. Ada varian telur asin lain lho, telur gurih atau telur asin bakar, kalau penasaran bisa coba order telur asin bakar nya, rasanya gurih dan aroma bakarnya juga sedap.

    Ini webnya: www.JualTelurAsinBakar.com
    Kontak: Bpk. Miko Raharjo
    HP/BBM: 0838.3132.4892 / 280e27a8
    Email: telurgurih@yahoo.com

    ReplyDelete
  6. Yang pake air garam ane dah coba dari bbrp tahun silam. Mantap juga koq. Simpel malah...

    ReplyDelete