Pencarian

Loading

Saturday, January 8, 2011

MELIRIK PELUANG USAHA TELUR ASIN

Salah satu pilihan bahan pangan adalah telur. Telur merupakan pilihan bahan pangan yang sarat gizi yang diperlukan untuk kehidupan yang sehat. Zat-zat gizi yang ada pada telur, sangat mudah dicerna dan dimanfaatkan oleh tubuh.

Mengenal Telur Asin


Nama telur asin mungkin sudah tidak asing lagi. Sebagian masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di Pulau Jawa, sudah sangat akrab dengan telur asin. Yaitu telur rebus yang tanpa harus dengan penambahan garam lagi, sudah asin rasanya. Telur asin memiliki ciri khas pada rasa, aroma dan teksturnya yaitu gurih, rasa asin yang merata di semua bagian telur, warna merah kecoklatan, sedikit berminyak dan masir pada kuning telurnya yang kaya akan omega-3 dan protein.

Telur asin sering di jumpai dan ditawarkan (dijajakan) oleh pedagang kaki lima, pedagang di pasar, toko kelontong, warung makan, mini market, swalayan, dan semua distributor telur asin yang banyak ditemui di berbagai kota.

(Namun hanya sedikit orang yang tahu bahwa asal telur asin itu berasal dari Brebes. Telur Bebek (Itik) Asin merupakan hidangan khas dari Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Karena Brebes sendiri tidak hanya terkenal dengan sentra industri penghasil telur asinnya tetapi juga terkenal dengan daerah penghasil bawang merah).

Proses membuat telur bebek asin masih menggunakan cara yang sederhana, belum menggunakan peralatan modern. Sebelumnya akan dilakukan pemilihan telur bebek yang baik yaitu telur bebek yang tidak mengalami retak atau pecah dan bukan telur yang telah dibuahi (telur tetas). Telur bebek yang telah dipilih dan dibersihkan dilumuri dengan adonan tanah liat yang telah dicampuri dengan air, tumbukan bata merah/abu gosok/tanah liat, dan garam laut. Telur bebek dilapisi adonan kurang lebih 1cm dan diakhiri dengan pemberian lapisan abu gosok.

Telur yang sudah selesai dilapisi adonan dimasukkan kedalam sebuah tempat atau peti untuk disimpan selama 14 hari atau 2 minggu. Setelah 2 minggu, lapisan tanah liat dibersihkan sampai bersih sampai tidak ada kotoran di pori-pori kerabang telur.

Ada beberapa teknik pemasakan telur bebek asin yaitu direbus, dipanggang, dan dioven, yang akan mempengaruhi tekstur dan rasa. Telur asin yang mengalami proses perebusan bertekstur basah dan berair. Telur asin yang mengalami proses pemanggangan dan oven memiliki tekstur kesat dan memiliki rasa yang khas. Keunggulan telur asin yang dimasak melalui proses pengovenan adalah lebih tahan lama dan kandungan nutrisi telur tetap terjaga.

Untuk saat ini telur asin yang banyak beredar di masyarakat adalah telur bebek/itik yang diasin melalui proses perebusan.

Seandainya ingin memulai usaha ini, adakah hal menarik yang bisa ditawarkan untuk merebut perhatian pasar seperti telur asin?

Telur bebek merupakan telur dengan kandungan gizi yang lebih tinggi dari yang lainnya. Salah satu olahan dari telur bebek adalah telur asin. Kandungan kalsium telur asin meningkat 2,5 kali setelah pengasinan. Tingginya nilai gizi dan rasa yang khas menyebabkan telur asin banyak diminati masyarakat. Hal itu menjadi peluang yang cukup besar.

Telur itik atau bebek dikenal memiliki bau yang lebih amis dibandingkan telur ayam sehingga penggunaannya untuk membuat berbagai jenis makanan lebih sedikit. Sayang sekali bukan, padahal kandungan gizinya cukup baik. Telur bebek mengandung energy, protein, lemak, karbohidrat yang lebih tinggi dari telur ayam. Selain itu telur bebek juga mengandung banyak vitamin diantaranya vitamin B-6, vitamin B-12, vitamin A, vitamin E, thiamin, riboflavin, niacin, folate. Dengan mengolah telur itik/bebek menjadi telur asin maka masa simpannya menjadi lebih panjang, dapat menambah citarasa, sekaligus mengurangi bau amisnya. Selain itu telur itik memiliki pori-pori yang lebih besar sehingga cocok untuk dijadikan telur asin karena proses penentrasi garam akan berlangsung lebih baik. Ukuran kuning telur itik atau bebek juga lebih besar dari telur ayam, serta warnanya lebih menarik.

Telur sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh-kembang, ibu hamil dan menyusui, orang yang sedang sakit atau dalam proses penyembuhan, serta para lansia (lanjut usia). Telur cocok dikonsumsi oleh semua kelompok umur dan dari segala lapisan masyarakat, jadi bisa dikatakan peminatnya cukup besar. Melihat kenyataan ini maka peluang usaha telur asin cukup menjanjikan dan sangat menarik untuk ditekuni.

Pernah mendengar telur asin rasa seafood, rasa buah, rasa bawang dll? Produk telur asin bisa dikembangkan dalam berbagai macam aroma dan rasa. Adanya penganekaragaman telur asin bisa jadi merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Nah, dengan peluang yang ada, apakah Anda tertarik memulai usaha ini? Jika YA
Anda dapat melihat Beberapa Macam Cara Membuat Telur Asin dan Tips Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pembuatan Telur Asin

No comments:

Post a Comment