Pencarian

Loading

Monday, November 29, 2010

UNTUKMU REMAJA

REMAJA YANG INGIN MENJADI PRIBADI YANG LEBIH BAIK

Aku ingin sukses, aku ingin pintar matematika, aku ingin juara satu, aku ingin pintar memasak, aku ingin jadi orang yang taat beragama, aku ingin jadi orang yang lebih sabar, aku ingin membahagiakan orangtuaku, …

Ingin-ingin itu tentu tak bisa didapat secara instan. Perlu usaha dari diri sendiri untuk mewujudkannya. Perbaikan demi perbaikan harus dijalani dan dihadapi rintangannya. Keberhasilan remaja dalam usaha memperbaiki kepribadiannya bergantung pada banyak faktor. Kita harus menentukan ideal-ideal yang realistik dan dapat kita capai. Jika tidak, bersiaplah untuk menerima kegagalan karena perasaan tidak mampu dan rendah diri.

Sebaiknya kita membuat penilaian yang realistis mengenai kekuatan dan kelemahan yang ada pada diri kita. Perbedaan yang mencolok antara kepribadian yang sebenarnya dan ego ideal akan menimbulkan kecemasan, perasaan kurang enak, tidak bahagia, dan cenderung menggunakan reaksi bertahan.

Kemudian, sebagai remaja, kita harus mempunyai konsep diri yang stabil. Memang, konsep diri ini biasanya bertambah dalam setiap periode masa remaja. Tetapi, hal ini akan memberikan perasaan berkesinambungan sehingga memungkinkan kita memandang diri sendiri dalam cara yang konsisten, tidak memandang diri hari ini berbeda dengan diri hari lain. Nah, hal ini ternyata juga dapat meningkatkan harga diri dan memperkecil perasaan tidak mampu.

Hal terakhir yang paling penting adalah perasaan cukup puas dengan apa yang telah kita capai dan bersedia memperbaiki prestasi-prestasi di bidang-bidang yang merupakan kekurangan kita. Orang lain akan cenderung menyukai seseorang yang menerima diri sendiri. Di kemudian hari, hal ini akan mendorong kita untuk berperilaku lebih baik dan mendorong perasaan menerima diri sendiri.

Yang tak boleh terlupakan adalah jangan berhenti untuk berusaha menjadi seseorang yang lebih baik lagi. Usaha yang maksimal menentukan hasil yang lebih baik.

No comments:

Post a Comment