Pencarian

Loading

Thursday, December 9, 2010

Banjir, Banjir dan Banjir...

Musim hujan telah tiba, Hujan terus menerus melanda di sejumlah wilayah dan kota-kota besar di Indonesia, akhirnya banjir pun tidak terelakkan lagi.

Sebenarnya masalah banjir bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, namun semua masyarakat juga mempunyai tanggung jawab terhadap ini. Sebagai contoh banjir bisa terjadi karena saluran air tertutup sampah, dan masyarakat harusnya membiasakan diri agar membuang sampah pada tempatnya dan menghapus tradisi buang sampah secara sembarangan. Jika itu dilakukan maka bukan mustahil banjir tak terjadi. Jadi alangkah baiknya banjir itu di cegah, sebelum banjir terjadi. Ibarat kata: "Lebih baik mencegah dari pada mengobati".

Nah.. untuk mencegah banjir, bisa dilakukan beberapa usaha, antara lain:

1. Penghijauan Lingkungan adalah solusi utama untuk mengatasi banjir agar tidak terus terulang lagi dan terulang lagi. Penghijauan Lingkungan juga sebagai area resapan air dan paru-paru kota.

2. Pengerukan secara berkala pada dasar sungai.

3. Relokasi penghuni bantaran sungai. (Agar tidak mendangkalkan sungai lewat pembuangan sampah sembarangan, karena masih ada stigma bahwa sungai adalah tempat pembuangan sampah yang paling Sip).

4. Perbaikan irigasi, agar air sungai yang melimpah dapat dialirkan ke sungai2, sawah, kebun2 yang akhiranya dapat mengurangi debit pada sungai induk.beberapa solusi lainnya sebagai upaya penanggulangan yang diharapkan bisa mengatasi banjir. 



Artikel Lainnya

No comments:

Post a Comment