Pencarian

Loading

Wednesday, January 5, 2011

Tempe Penyet, Itu Resep Gampang

Resep dapur Tips Nova

Umum rasanya di semua kalangan khususnya untuk kalangan anak kost, semua/mungkin hanya sebagian yang suka dengan hidangan yang satu ini "Tempe Penyet".

Memang tempe penyet adalah hidangan yang sederhana, favorit, mudah di cari dan gampang di buat dalam waktu yang tidak terlalu lama. Untuk nilai gizi, saya kurang tau detailnya, betul atau tidak, menurut saya tempe penyet sepertinya banyak mengandung vitamin C dan bisa mencegah dan mengobati sariawan. Entahlah.. yang jelas saya sudah pernah coba! Kalau tidak berani, lebih baik jangan di tiru..

Namun, tidak semua orang bisa membuat tempe penyet dengan rasa yang enak, lain tangan lain rasa dong... walau dipenyet-penyetnya sama.

Buat penggemar makanan pedas boleh juga dicoba resep di bawah ini:

TEMPE PENYET

Bahan:

* 150 gram tempe, dengan bentuk dan ukuran sesukanya, celupkan ke dalam air (secukupnya) yang sudah di beri sedikit garam, goreng
* 2 buah cabai merah besar
* 8 buah cabai rawit merah
* 2 sdt terasi matang
* garam secukupnya
* 1 buah tomat mengkal, iris
* 1 sdt air jeruk limau atau jeruk sambal
* daun kemangi dan irisan mentimun secukupnya

Cara Membuat:

1. Gunakan cobek dan ulekan, ulek kasar cabai merah besar, cabai rawit, terasi, dan garam. Tambahkan air jeruk limau atau jeruk sambal dan irisan tomat mengkal, aduk rata.
2. Setelah tempe di goreng kemudian penyet tempe diatasnya hingga pipih namun jangan sampai hancur, bolik-balik beberapa kali saja.
3. Sajikan dengan daun kemangi dan irisan mentimun segar.

(Tidak perlu gambar deh.. Kebetulan waktu saya membuat, tidak saya foto, saking pengen cepet2 makan dengan nikmat. Saya kira semua orang sudah tau seperti apa bentuk tempe penyet, lain kali ya..).

Tips :

- Kalau sekiranya kurang pedas, tambahin cabenya saja. Pasti mantap sekali...
- Bisa juga bahan2 ( tomat & cabe) di goreng dulu 1/2 matang, buat yang suka.
- Terasi matang: boleh di goreng, dipanggang, dibakar
, disangrai dsb.. sesuai selera yang buat.
- Sajikan hangat-hangat mak nyus..

Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment